10 Negara Teraman di Dunia

Sebelum memutuskan hendak liburan ke luar negeri, ada baiknya Anda mempertimbangkan laporan Global Peace Index (GPI) ini. Berdasarkan penelitian pada 2009 terhadap 144 negara, lembaga ini mengeluarkan daftar 10 negara teraman untuk dikunjungi.

Penelitian itu berdasarkan 23 indikator kualitatif dan kuantitatif kedamaian suatu negara. Diantaranya soal statistik kejahatan sederhana dengan melihat tindakan pemerintah, hubungan negara dengan dunia pada umumnya, dan sikap serta demografi penduduknya.

Indeks tersebut mencakup jumlah pembunuhan per 100.000 orang, potensi untuk menjadi target serangan teroris, tingkat kebencian terhadap orang asing, pendidikan dan tingkat pengangguran dan banyak indikator lain.


1. SELANDIA BARU
Selandia Baru adalah tempat yang modern. Kota-kota seperti Auckland dan Wellington diisi dengan orang-orang multikultural. Hak asasi manusia sangat dijunjung tinggi dan permusuhan terhadap orang asing relatif rendah seiring dengan rendahnya risiko ketidakstabilan politik dan konflik internal.

2. DENMARK
Denmark adalah salah satu negara yang paling aman dan damai di bumi. Meskipun kadang-kadang terjadi kerusuhan di daerah kumuh Kopenhagen, namun keadaan tetap sangat aman. Di sini kesetaraan gender dan hak asasi manusia dijunjung tinggi. Tingkat pembunuhan dan kejahatan yang rendah membuat Denmark menjadi tujuan yang sangat aman dan menarik.

3. NORWEGIA
Gunung Fjord yang mempesona dan desa-desa nelayan Norwegia yang dicat warna-warni menjadikannya tempat yang indah untuk dikunjungi. Saat ini Norwegia adalah negara yang kaya, makmur dan aman. Norwegia juga menjunjung tinggi hak asasi manusia, kebebasan pribadi, religi, dan toleransi budaya. Selain tingkat kriminalitas yang rendah, Norwegia juga dianggap memiliki tingkat risiko rendah untuk serangan teroris.

4. ISLANDIA
Islandia adalah negara Nordik lain yang dianggap sangat aman untuk dikunjungi. Negara vulkanik kecil yang berada di Samudera Atlantik Utara ini pernah disebut sebagai negara yang paling berkembang di dunia menurut PBB dan salah satu terkaya di dunia. Negara ini juga terkenal dengan sistem kesejahteraan pertama-tingkat sosial, rendahnya tingkat kejahatan dan kekerasan serta menghormati hak asasi manusia yang tinggi.

5. AUSTRIA
Meskipun Austria dianggap sedikit kurang toleran dan menghormati hak asasi manusia dibandingkan dengan Selandia Baru dan negara-negara Skandinavia lain namun Austria masih masuk daftar negara teraman.

6. SWEDIA
Kota-kota menarik seperti Stockholm dan Gothenburg membuat Swedia banyak dikunjungi wisatawan. Swedia juga termasuk beberapa negara yang menjunjung tinggi hak asasi manusia, dan tingkat kejahatan dengan kekerasan yang rendah. Terlepas Swedia sebagai eksportir senjata namun negara ini masih masuk daftar teraman.

7. JEPANG
Jepang menawarkan kuil-kuil kuno dan kota neon yang futuristik dan juga sebuah negara dimana budaya pop modern barat yang diadopsi oleh pemuda setempat dilakukan dengan cara yang unik. Jepang mempunyai tingkat kejahatan dan kekerasan yang sangat rendah serta memiliki peraturan kepemilikan senjata yang sangat ketat. Perampokan hampir tidak ada jika dibandingkan dengan negara-negara industri lainnya.

8. KANADA
Sebagai negara imigran, pemerintah menerapkan kebijakan multikulturalisme di mana warga negara didorong untuk mempertahankan nilai-nilai tradisional mereka dan cara hidupnya. Kanada mempunyai nilai yang baik bagi penghargaan hak asasi manusia dan toleransi. Sementara Kanada juga nilai baik karena tingkat kejahatan dan kekerasan yang rendah. Namun keikutsertaan AS pada perang Irak dan Afghanistan membuat Kanada bisa menjadi incaran teroris. Namun secara keseluruhan relatif aman.

9. FINLANDIA
Finlandia dianggap salah satu negara paling stabil di dunia berdasarkan ekonomi, politik, indikator sosial dan militer. Sama seperti tetangganya, Swedia, pemandangan di sini juga sangat murni mulai dari hutan sampai kota-kotanya yang modern dan progresif. Finlandia sebenarnya mempunyai tingkat pembunuhan sedikit lebih banyak dari negara-negara yang ada di daftar namun kebebasan sipil, proses demokrasi dan hak asasi manusia yang tinggi membuat Finlandia menjadi tempat aman bagi wisatawan.

10. SLOVENIA
Sebuah republik bekas Yugoslavia ini telah dialihkan dengan baik ke dunia damai setelah jatuhnya komunisme dan perang saudara di Yugoslavia. Diapit Italia, Austria, Kroasia, dan Hungaria, bangsa ini telah mengalami dominasi sejarah oleh kerajaan asing. Desa pegunungan yang indah membuat bangsa ini menjadi permata tersembunyi bagi pariwisata Eropa, tentunya dengan tingkat rendahnya tingkat kejahatan dan kekerasan serta serangan teroris yang rendah.

2 comments:

Post a Comment

 

Categories

Hit Counter

About The Owner

My Photo
Andrew Christian Pangemanan
Born In The Small Town Named Tomohon on December 20th 1994. Medical Student and a Huge fan of Taylor Swift
View my complete profile

Follow by Email

PROMOTE THIS BLOG

Create your own banner at mybannermaker.com!
Copy this code to your website to display this banner!
.
free counters