5 Ngarai Terbesar di Dunia

Sepertinya tidak ada yang mampu mengilustrasikan kekuatan dan intuisi air yang memahat dan mengikis kerasnya permukaan bumi hingga menjadi sebuah tebing atau ngarai (canyon). Meskipun membutuhkan waktu lama bagi aliran sungai untuk mendapatkan lukisan ngarai yang indah di muka bumi, hal tersebut merupakan bukti dari kekuatan sang Pencipta melalui semesta. Sungai dengan sendirinya secara perlahan mengukir, mengikis lapisan bebatuan hingga membentuk ngarai yang indah, kita yang hidup di masa kini hanya tinggal menikmati hasil karyanya. Panjang dan dalam adalah pahatan alam yang luar biasa akan sebuah ngarai. Berikut uniknya.com merangkum 5 ngarai terbesar di dunia:

1. Fish River Canyon – Namibia

Fish River Canyon ini terletak di Namibia, dan disebut-sebut sebagai ngarai terbesar di kawasan Afrika. Memiliki sungai besar yang meliuk berkelok sepanjang 160 Km melewati permukaan bebatuan nan keras. Fish River Canyon merupakan kawasan yang didominasi oleh bebatuan keras dan terjal, sebagaimana yang difavoritkan oleh para pencinta olahraga alam. Kawasan Fish River Canyon memiliki salah satu jurang yang kedalamnannya mencapai 550 m serta sungai yang seluas 27 km. meskipun di musim panas sungainya cukup dangkal, namun tetap harus waspada akan adanya banjir bandang yang terjadi dengan cepat. Setiap tahunnya di kawasan ini selalu diadakan lomba marathon, wow! Tidak terbayang kondisi dan situasi ekstrem yang akan dihadapi oleh para pesertanya.


2. Grand Canyon – Amerika Serikat

Ngarai yang satu ini bukanlah yang terbesar, meski kebanyakan orang menganggapnya demikian, namun demikian Grand Canyon Arizona sangat popular di dunia. Dengan kedalaman 1.828 m dan panjang 445 Km, menjadikan Grand Canyon sebagai salah satu situs yang dilindungi dan masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia.

Di balik keindahannya, para ahli arkeologi masih memperdebatkan bagaimana kali pertama ngarai ini terbentuk. Hingga ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa Grand Canyon terbentuk 17 juta tahun yang lalu, ketika Sungai Colorado dengan arusnya yang deras memahat dan mengikis semua lapisan tanah dan bebatuan yang dilaluinya. Aliran sungai tersebut menjadikan permukaan ngarai yang dalam dan luas, dan hasilnya adalah sekarang yang terlihat sekarang. Ada pula yang menyebutkan bahwa Grand Canyon terbentuk sejak zaman es, dan luapan es yang mencair membuat arus Sungai Colorado semakin deras hingga dapat mengikis lapisan tanah dan bebatuah yang dilaluinya di Arizona.


3. Jurang Kali Gandaki – Nepal

Ngarai yang satu ini terletak di Asia, Kali Gundaki River merupakan sebuah ngarai yang terletak di kawasan Pegunungan Himalaya. Nama yang diperolehnya berasal dari dewi yang terdapat dalam ajaran agama Hindu, Kali. Yang unik dari Sungai Kali ini adalah warna airnya yang hitam berasal dari endapan bebatuan.

Meskipun indah dan unik namun kedalaman Jurang Kali Gandaki ini masih banyak diperdebatkan, hal ini disebatkan oleh tidak adanya kesepakatan ukuran ketinggian lingkaran ngarai. Padahal bisa saja Kali Gandaki ini dijadikan sebagai ngarai terdalam di dunia, karena saat ini kedalamannya dikabarkan 6.800 m.


4. Capertee Valley – Australia

Ngarai yang satu ini berada di benua Australia, yakni Capertee Valley di New South Wales. Disebut-sebut sebagai ngarai terbesar sekaligus daratan bebatuannya yang indah dan unik, Capertee Valley ternyata hanya memiliki ke dalaman seperti ngarai yang ada di dalam daftar ini. Meski demikian Capertee Valley dikabarkan lebih luas 1 Km dibandingkan dengan Grand Canyon.

Di dasar lembah terdapat Sungai Capertee yang mengalir di antara bebatuan Permian dan Trassic, yang telah ada sejak jutaan tahun lalu. Bahkan di kawasan ini terdapat salah satu bukti peradaban Suku Aborigin (suku pribumi Benua Australia) Wiradjuri, yakni sebuah lukisan di atas permukaan goa yang berusia 2.000 tahun.


5. Yarlung Tsangpo Grand Canyon – Tibet

Dan ngarai yang terakhir ini terletak di kawasan Tibet, masih di kawasan Pegunungan Himalaya. Tepatnya di Gunung Kailash terdapat Yarlung Tsangpo Grand Canyon yang terbentang hingga Sungai Brahmanaputra di Utara India. Rata-rata kedalaman ngarainya sekitar 4.876 m (di wilayah pegunungan Namcha Barwa), namun ada juga yang sedalam 6.009 m, sehingga tak heran apabila Yarlung Tsangpo disebut-sebut sebagai ngarai terdalam di bumi.

Bukan saja kedalamannya yang luar biasa, Yarlung Tsangpo memiliki pemandangan yang indah, kita dapat menikmati dataran Tibet dan sungai-sungai yang berada di bawahnya. Terutama bagi pencinta olahraga kayak, sungai-sungai tersebut merupakan tempat yang tepat untuk menguji ketangkasan. Maka tak heran jika sungai tersebut dinamai “The Everest Rivers”.(**)


0 comments:

Post a Comment

 

Categories

Hit Counter

About The Owner

My Photo
Andrew Christian Pangemanan
Born In The Small Town Named Tomohon on December 20th 1994. Medical Student and a Huge fan of Taylor Swift
View my complete profile

Follow by Email

PROMOTE THIS BLOG

Create your own banner at mybannermaker.com!
Copy this code to your website to display this banner!
.
free counters